Thursday, March 28, 2013


.36.000 botol obat tetes mata ditarik karna mengandung tinta printer ..

Jakarta, Para dokter dan ahli kimia di Skotlandia mengirimkan surat pada produsen tetes mata untuk menarik produknya dari peredaran, setelah ditemukan 36.000 botol tetes mata buatannya mengandung tinta printer. Duh!

Bausch and Lomb, produsen dari tetes mata resep, telah dikirimi surat oleh para dokter dan ahli kimia yang meminta ditariknya ribuan botol tetes mata yang ditemukan mengandung tinta printer.

Bausch and Lomb merupakan salah satu perusahaan perawatan mata terbesar di dunia.

"Bausch and Lomb menarik (dari peredaran) batch karena partikel hitam telah diidentifikasi dalam beberapa paket. Penyelidikan awal menunjukkan bahwa kontaminan adalah tinta printer, dalam hal ini kita memahami bahwa risiko toksisitas rendah," jelas Irene Fazakerley, pejabat Departemen Kesehatan Pemerintah Skotlandia, seperti dilansir Dailymail, Kamis (4/1/2013).

Menurut Fazakerley, tidak ada batch lain dari produk Bausch and Lomb yang terpengaruh. Petugas kesehatan profesional juga diminta untuk mengkarantina sisa batch produk yang masih ada dan segera menghubungi grosir tempatnya membeli untuk mendapatkan penggantian.

"Tetes mata ini hanya digunakan di rumah sakit dan dikelola oleh profesional medis. Kami tidak mengantisipasi bila orang memilikinya di rumah," ujar seorang juru bicara Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA).

Bausch and Lomb, yang juga menciptakan kacamata ikonik Ray-Ban, mengklaim bahwa tidak ada yang dirugikan oleh produk anestesi mata miliknya.

"Bausch and Lomb sedang melakukan penarikan sukarela dari proxymetacaine 0,5% Minims Eye Drops Solution. Kami memilih untuk memulai penarikan setelah mengkonfirmasikan laporan kehadiran partikel asing di produk ini," jelas juru bicara Bausch and Lomb.


#dikutip dari : http://health.detik.com

No comments:

Post a Comment